Cara Export file STL dari FREECAD dan Cetak Dengan 3D Printer Anet A8

Hi Semua,
Ini adalah salah satu materi yang disampaikan pada kelas Muatan Lokal dan Ekstra Kurikuler di SMK ORA et LABORA. Pada kesempatan kali ini, akan disampaikan bagaimana mengubah file dari format FREECAD menjadi file STL yang umum digunakan oleh software 3D printer. Baik, gambar yang dibuah ke format STL adalah penyangga motor DC yang digunakan pada robot beroda seperti pada gambar di bawah ini.

Supaya motor tersebut dapat terpasang pada sebuah kerangka robot beroda, diperlukan sebuah penyangga dan kali ini dirancang menggunakan software FREECAD seperti pad agambar di bawah ini.
File gambar format FREECAD dapat didownload pada link di bawah ini.
Gdrive: penyanggaMotor.FCStd
Untuk dapat mengubahnya menjadi file STL, teelebih dahulu pilih bagian yang akan diubah dengan klik pada Tree View FREECAD dan semua bagian yang dipilih berubah warna menjadi Hijau seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah itu, klik menu File dan pilih Export.

tentukan folder penyimpanan file STL ini. Kemudian beri nama, pada contoh ini “penyanggaMotor” kemudian pilih save as type menjadi “STL mesh” seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.

File STL dapat didownload pada link di bawah ini.
Gdrive: penyanggaMotor.stl
Buka software Ultimaker Cura yang tekah diinstal sebelumnya. Versi Ultimaker Cura pada komputer saya adalah 3.5.1

Kemudia buka file STL tadi dengan klik icon open folder seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik open.

Setting software Ultimaker Cura untuk 3D Printer ANET A8 dapa dilihat pada link di bawah ini.

Setting Ultimaker Cura 3D Printer ANET A8

Setelah itu, file STL tersebut akan muncul pada tampilan software Ultimaker Cura seperti pada gambar di bawah ini.

Posisi awal benda tersebut bisa jadi sulit untuk dicetak, oleh karena itu perlu diputar dengan memilih menu Rotate seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian putar benda kerja sehingga berada pada posisi yang mudah dicetak menggunakan 3D printer seperti pada gambar di bawah ini.
 
Jika sudah, maka benda kerja siap untuk dicetak menggunakan 3D printer. Untuk melakukannya, diperlukan slicing file dengan menekan button “prepare” seperti pada gambar di bawah ini.

 

Proses slicing akan berjalan dan menghasilkan file Gcode yang kemudian disimpan pada MicroSD sebagai media yang dibaca oleh 3D printer ANET A8.

Jika sudah, maka akan muncul “ready to save to file” seperti pada gambar di atas kemudian klik button “save to file” dan sesuaikan dengan folder MicroSD digunakan. Sampai disini proses selesai dan MicroSD siap dipasang di 3D printer ANET A8 untuk proses percetakan.

 

 

 

 

 

Alamat

SMK OeL berada di Bumi Serpong Damai dan dekat dengan kawasan Industri di Tangerang Selatan.

ANGGREK LOKA SEKTOR 2.1 BSD
021-5384938
kepsmkbsd@smkoel.org

Gallery

Kalender

July 2019
M T W T F S S
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
top
2018 Copyright SMK OeL BSD
WhatsApp Silahkan Chat Kami untuk Bantuan
Skip to toolbar